Cara Membuat Jadwal Email dan Teks untuk Dikirim Kapanpun Anda Inginkan

Pesan Anda tidak harus langsung terkirim.Berbagai alasan mengapa Anda tidak ingin langsung mengirim pesan teks atau email,mungkin Anda tahu penerima sedang sibuk atau berada dalam zona waktu yang sama sekali berbeda, atau mungkin informasi yang Anda kirim tidak relevan untuk sementara waktu.

Aplikasi seluler dan desktop saat ini beradaptasi untuk memberi Anda lebih banyak pilihan dalam hal penjadwalan pesan Anda untuk masa depan. Ini adalah alat yang dapat Anda gunakan dan opsi yang Anda miliki.

Cara Jadwalkan Pesan Teks dan Obrolan

Aplikasi Google Messages yang merupakan aplikasi SMS asli di banyak model ponsel Android (dan tersedia untuk diunduh) sekarang memiliki fitur penjadwalan bawaan. Caranya adalah dengan mengetuk dan menahan tombol Kirim (ikon panah di sebelah kanan) setelah Anda ' telah menyusun pesan Anda.

Ini akan memunculkan panel dengan beberapa waktu yang disarankan di kemudian hari. Anda dapat memilih salah satunya, atau memilih Pilih tanggal dan waktu untuk menentukan hari dan waktu yang tepat. Sampai saat itu, ini akan tetap sebagai menunggu di aplikasi, dengan waktu dan tanggal yang dijadwalkan di atasnya.

Jika Anda menggunakan Android, pengaturan yang tepat dari ponsel Anda akan bergantung pada pembuat dan pabrikan, dan Anda mungkin menemukan bahwa Anda memiliki opsi lain. Aplikasi Pesan default pada perangkat Samsung, misalnya, memiliki fungsi penjadwalan bawaan untuk menunda pengiriman teks.

Ketuk ikon + (plus) di sebelah kiri kotak teks — atau ikon> (lebih besar dari) jika Anda tidak dapat melihat ikon + — lalu pilih Jadwalkan pesan dari panel yang muncul. Anda akan diminta untuk memilih tanggal dan waktu untuk mengirim pesan, lalu ketuk Selesai.

Di ponsel iOS, aplikasi Pesan default tidak menyertakan fungsi penjadwalan, tetapi Anda dapat menggunakan aplikasi Pintasan Apple sendiri untuk melakukannya. Kamu kemudian perlu menginstal pintasan iMessage Waktu Tertunda, yang dapat ditemukan dengan mencarinya di Pintasan. Jika Anda mengetuk tiga titik di sudut kanan atas pintasan, Anda dapat melihat cara kerjanya dan mungkin menyesuaikannya agar sesuai dengan kebutuhan Anda.

Jalankan pintasan dengan satu ketukan, dan Anda akan diminta memasukkan kontak, pesan, serta waktu dan tanggal saat Anda ingin mengirimkannya. Pintasan kemudian menunggu selama waktu yang ditentukan sebelum mengirim SMS atau iMessage Anda. Sebaiknya jangan menjadwalkan pesan terlalu jauh sebelumnya, karena trik ini memerlukan aplikasi Pintasan untuk tetap berjalan di latar belakang pada waktu yang telah Anda tentukan.

Ponsel Anda perlu dihidupkan dan memiliki koneksi aktif ke dunia luar agar pesan terjadwal ini dapat dikirim — Anda menunda pengiriman teks dari perangkat lokal Anda, daripada menunggu di cloud atau di server di suatu tempat, jadi ingatlah itu.

Sedangkan untuk aplikasi obrolan pihak ketiga, Anda tidak akan menemukan penjadwalan pesan di aplikasi seperti WhatsApp atau Signal, tetapi tersedia di Telegram: Tahan tombol Kirim (panah biru) untuk menemukan opsi Jadwalkan Pesan, lalu pilih tanggal dan waktu pengiriman pesan.

Cara Jadwalkan Pengiriman Email

Selain menjadwalkan pesan teks Anda, Anda juga dapat menunda email Anda. Gmail adalah yang terbaik dalam hal ini, dan jika Anda menggunakan klien email Google di web, Anda dapat mengeklik panah kecil di sebelah tombol Kirim saat menulis pesan, lalu Jadwalkan pengiriman untuk memilih hari dan waktu.

Gmail akan memberikan beberapa saran untuk Anda, seperti besok pagi, tetapi jika Anda memilih opsi Pilih tanggal & waktu di bagian bawah, Anda dapat menentukan dengan tepat kapan Anda ingin mengirim email. Saran jadwal di masa mendatang biasanya akan menyertakan tanggal dan waktu terakhir yang Anda pilih, sehingga Anda dapat dengan mudah memasukkan banyak pesan pada waktu yang sama.

Pesan yang menunggu untuk dikirim disimpan di bawah judul Terjadwal di panel navigasi Gmail di sebelah kiri, dan sampai pesan hilang, Anda dapat membukanya, mengeditnya, mengubah waktu yang dijadwalkan untuk dikirim, dan menghapus.

Email yang Anda jadwalkan disimpan di server Gmail, jadi Anda tidak perlu memastikan perangkat Anda dihidupkan dan online seperti yang Anda lakukan dengan pesan teks terjadwal — setelah Anda memilih tanggal dan waktu, Anda dapat mematikannya laptop Anda dan biarkan Gmail menangani sisanya.

Klien Mail Apple tidak menawarkan fungsi pengiriman terjadwal, tetapi berbagai aplikasi email lain menawarkannya — dan Anda dapat mengelola email Apple Anda melalui mereka (atau melalui Gmail jika Anda mau).

Microsoft Outlook mendukung penjadwalan email. Saat Anda menulis pesan di Windows, alihkan ke tab Opsi, klik tiga titik di kanan, lalu pilih Tunda Pengiriman; di macOS dan di klien web, klik panah di samping Kirim, lalu pilih Kirim Nanti.

Mailbutler adalah plugin email untuk Apple Mail, Outlook, dan Gmail yang mendukung penjadwalan — meskipun Anda harus membayar € 7,95 (sekitar $ 9,50) sebulan agar paket premium dapat menggunakannya. Pilihan lainnya adalah Spark, yang gratis untuk penggunaan pribadi: Ini tersedia di iOS, iPadOS, macOS, dan Windows, dan memungkinkan Anda menjadwalkan pesan untuk dikirim pada tanggal dan waktu mendatang.

Demikian artikel tentang cara menjadwalkab pengiriman pesan Teks Maupun Email, semoga bermamfaat.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Membuat Jadwal Email dan Teks untuk Dikirim Kapanpun Anda Inginkan"

Posting Komentar