53 Tahun Semen Tonasa membangun Negeri


Lebih dari setengah abad semen Tonasa membangun Negeri, pembangunannya dimulai dengan TAP MPRS No.II/MPRS/1960 tanggal 5 Desember 1960 dan diresmikan pada tanggal 02 November 1968 dengan kepemilikan 100% pemerintah. 

Tonasa I beroperasi dengan kapasitas 120.000 ton per tahun. Pada Tahun 1984, Tonasa I dihentikan operasionalnya karena alasan ekonomis. Pabrik Tonasa II dibangun didesa biringere dan mulai beroperasi pada tahun 1980 dengan kapasitas 510.000 ton semen pertahun dan dilakukan optimalisasi pada tahun 1991 menjadi 590.000 ton semen pertahun. Pabrik Tonasa III dibangun dilokasi yang berdampingan dengan Tonasa II dan mulai beroperasi pada tahun 1985. Pabrik Tonasa IV dibangun pada tahun 1996 dengan kapasitas 2.300.000 ton per tahun. Pabrik Tonasa V mulai beroperasi pada tahun 2013 dengan kapasitas 2.500.000 ton per tahun.




Dalam Proses produksinya Semen Tonasa dilengkapi beberapa fasilitas pendukung yaitu utilitas Pembangkit listrik Tenaga Uap (PLTU) dengan kapasitas 2 X 25 MW dan 2 X 35 MW dan Packing Plant yang tersebar diseluruh indonesia.Dalam menjalankan proses bisnisnya Semen Tonasa dibantu oleh beberapa perusahaan afiliasi diantaranya PT Prima Karya Manunggal, PT. Pelayaran Tonasa Lines, PT EMKL Topabiring, PT. Biringkassi Raya, Koperasi Karyawan Semen Tonasa, yang mempunya bidang usaha masing masing. Semen Tonasa juga membentuk sebuah Yayasan Kesejahteraan Semen Tonasa (YKST) yang bergerak dalam bidang pendidikan,olahraga, rekreasi kolektif dan sebagainya di tahun 1966, . Sedangkan dalam rangka memberikan kesinambungan kesejahteraan bagi para purna bakti, perseroan membentuk Dana Pensiun Semen Tonasa sebagai pengelola jaminan hari tua sebagai bekal bagi karyawan yang memasuki masa pensiun.

Dengan adanya standar mutu dari (SPPT-SNI) dan ISO 9001 ( Sistem Manajemen Mutu ) yang diberikan, beberapa pekerjaan proyek pembangunan mempercayakan kepada Semen Tonasa sebagai penyedia bahan baku semen. Dapat dilihat dari beberapa bangunan, jalan, jembatan serta infrastruktur lain yang ada di kawasan Indonesia timur dibangun dengan kontribusi semen tonasa. Berikut beberapa infrastruktur yang dimaksud:

1. Pembangunan Tapal batas di 14 Kecamatan di Kota Makassar

Tahun 2016 adalah tahun infrastrukur. sebab PT Semen Tonasa bekerjasama dengan Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar membangun tapal batas wilayah Kecamatan di 14 Kecamatan se-Kota Makassar. Pembangunan tapal batas Kecamatan tersebut dilaksanakan dengan prosesi peletakan batu pertama secara simbolis diperbatasan wilayah Kecamatan Ujung Pandang dengan Kecamatan Mariso, tepatnya di Jalan Metro Tanjung Bunga.  

2. Pembangunan Jalur Transportasi Darat, Laut dan Udara

  • *beberapa jalan tol seperti proyek jalan tol Bitung-Manado di Sulawesi Utara, proyek tol Samarinda-Balikpapan di Kalimantan Timur (Kaltim), semennya disuplai penuh oleh Semen Tonasa.begitupun dengan proyek Jembatan Holtekamp Papua, 60 persen semennya disuplai oleh Semen Tonasa bersama dengan Semen Gresik.Pembangunan tiga unit jembatan, underpass, dan flyover di Pekkae Kabupaten Barru. “Panjang jalur yang dikerjakan sekitar 142 kilometer pun disuplai oleh Semen Tonasa.
  • *Bandara Internasional Sultan Hasanuddin yang merupakan bandara terbesar di Kawasan Indonesia Timur  dikontruksi menggunakan produk Unggulan dari PT Semen Tonasa.  mulai dari terminal, landasan pacu (runway), taxiway, dan tempat parkir pesawat (apron) menggunakan Semen Tonasa. Tentu ini membuktikan bahwa PT Semen Tonasa selalu menjadi kepercayaan masayarakat.
  • *Pelabuhan yang merupakan jalur transportasi laut menjadi salah satu infrastruktur yang wajib memiliki kualitas yang baik. Ditambah lagi, di tahun 2016 ini, sedang diupayakan kembalinya era kejayaan maritime dengan pembangunan tol laut. Hal ini di sampaikan langsung oleh Presiden RI Joko widodo yang disusul dengan peresmian ground breaking pembangunan Makassar New Port (MPN). Bukan hanya itu dikutip dari https://sulsel.kemenkumham.go.id/, pada akhir Januari 2021 kemarin Pelabuhan Khusus Biringkassi milik PT. Semen Tonasa ditetapkan sebagai Tempat Pemeriksaan Imigrasi (TPI) berdasarkan Surat Keputusan Direktur Jenderal Imigrasi Nomor IMI-0141.GR.01.01 Tahun 2021 Kenyataan ini semakin memperkuat keyakinan bahwa semen tonasa benar-benar perusahaan semen yang telah dipercaya oleh masyarakat karena standar kualitasnya yang baik.

3. Fasilitas umum seperti kampus, sekolah, masjid, dll

Beragam fasilitas umum di Wilayah Timur Indonesia dikontruksi dengan menggunakan semen Tonasa. diantaranya mesjid almarkaz al islami, mesjid terapung, serta bangunan sejarah di kota makassar seperti monumen mandala dan  fort roterdam. salah satu kampus yang berdesain unik yaitu kampus universitas negeri makassar sukses dibangun dengan megah menggunakan semen tonasa. beberapa bangunan, perumahan, dan fasilitas lainnya yang dikontruksi menggunakan produk unggul dari PT Semen Tonasa.

 

Semen Tonasa sebagai perusahaan yang peduli terhadap masyarakakat dan lingkungan sekitar mempunyai program CSR. Dikutip dari laman sementonasa.co.id beberapa kegiatan CSR Semen Tonasa yang sempat kami rangkum diantaranya :

  • *CSR Semen Tonasa baru baru ini menyalurkan bantuan kepada warga terdampak banjir longsor di Walanreng dan Lamasi pata tanggal 07 Oktober 2021, Kegiatan yang juga didukung oleh Serikat Karyawan Semen Tonasa (SKST) ini merupakan salah satu wujud implementasi kegiatan sosial perusahaan.






  • * CSR Semen Tonasa menyerahkan bantuan bedah rumah kepada keluarga kurang mampu atas nama Naing, warga Kampung Gatta-Gattareng, Desa Taraweang, Kecamatan Labbakkang, Kabupaten Pangkep, Kamis 9 September 2021. Program bedah rumah Ring I ini merupakan salah satu program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkunagan (TJSL) PT Semen Tonasa yang bekerjasama dengan Forum CSR untuk membantu masyarakat yang memiliki rumah tidak layak huni. Tahun ini, pelaksanaannya dilakukan di Desa Taraweang, Desa Biring Ere, Desa Bowong Cindea,


  • *pada Tahun 2017 saat memperingati Hari Pendidikan Nasional, Semen Tonasa menyerahkan Beasiswa kepada 466 siswa sekolah diwilayah ring I dengan rincian : sebanyak 110 orang tingkat SD, 110 Orang Tingkat SMP, 110 orang tingkat SMA dan 136 orang tingkat perguruan tinggi. Total beasiswa sebesar Rp.434 juta untuk siswa tingkat SD, SMP, SMA dan Mahasiswa. Dalam kegiatan ini, PT Semen Tonasa juga memberikan paket buku secara gratis  yang merupakan bentuk program rutin Cerdas Tonasa,



Dengan adanya program CSR ini sekiranya dapat menjaga keseimbangan yang harmonis antara Perusahaan dengan masyarakat dan menjadi tolak ukur kepedulian terhadap masyarakat sekitar sebagai wujud partisipasi Semen Tonasa Membangun Negeri.


 

  

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "53 Tahun Semen Tonasa membangun Negeri"

Posting Komentar